Terkadang, mungkin kita merasa bahwa di dunia ini tidak banyak orang lain yang mau membantu kita. Padahal, jika kita melihat lagi, ada banyak orang yang siap membantu.

Namun, kita sendiri juga tidak boleh hanya meminta dan menerima. Ada baiknya jika kita juga bisa memberi.

Dibawah ini merupakan sebuah kisah inspiratif yang bisa kita pelajari agar selalu membantu orang lain.

Rusa Yang Tahu Balas Budi

Gemercik anak sungai yang berada di hutan mengalir melewati pepohonan liar yang indah, menambah keindahan sebuah rumah kecil yang ada disana,

Matahari sedang bersinar dengan terangnya di atas awan. Tiba-tiba, seekor rusa berlari menuju halaman rumah itu dimana seorang anak kecil sedang bermain.

Rusa tersebut kemudia mengaitkan baju anak tersebut dengan tanduknya dan berlari. Hal ini tentu saja membuat anak tersebut sangat ketakutan sehingga ia menjerit sekuat-kuatnya.

Saat anaknya menjerit, ibunya mendengar dan langsung berlari keluar untuk melihat apa yang terjadi.

Saat ia keluar, ia melihat seekr rusa yang berlari menuju gunung dengan membawa anak yang paling ia sayangi.

Tentu saja sang ibu sangat ketakutan. Ia lalu berlari mengejar rusa tersebut dan tak lama kemudian ia menemukan anaknya duduk diatas rumput dalam keadaan selamat.

Melihat ibunya datang, anak itu sangat bahagia dan menjulurkan tangannya kepada ibunya. Sang Ibu kemudian menggendongnya.

Ia merasa sangat bahagia karena anaknya baik-baik saja sehingga tidak terasa air matanya mengalir. Dengan cepat, sang ibu menuju rumah mereka bersama anaknya tercinta.

Saat hampir tiba, ia berhenti dan terperangan melihat apa yang disaksikannya. Sebuah pohon besar dibelakang rumah mereka rubuh dan menimpa rumah mereka saat ia sedang mengejar rusa yang membawa anaknya tersebut.

Seluruh rumah rata dengan tanah karena tindihan pohon yang sangat berat itu. Langit-langit rumah mereka hancur bagaikan tepung.

Ayam serta anjing peliharaan mereka bahkan mati.  Jika  saja ia dan anaknya masih berada di rumah tersebut, mungkin mereka sudah tertimpa pohon itu sekarang.

Lalu, ibu dan anak tersebut teringat kembali akan peristiwa pada satu tahun yang lalu dimana saat itu ada seekor rusa yang melarikan diri dari seorang pemburu.

Pemburu tersebut hhendak menembaknya dan menuju rumah mereka. Ia merasa sangat kasihan melihat rusa yang ketakutan tersebut, lalu menutupi rusa tersebut dengan beberapa helai kain.

Ketika pemburu tersebut tiba disana, ia tidak menemukan rusa tersebut. Ia piker rusa tersebut telah pergi melalui pintu belakang rumah tersebut.

Ia lalu pergi. Setelah sang pemburu pergi jauh, ibu anak tersebut membuka kain penutup rusa lalu membiarkannya pergi menuju hutan.

Rusa tersebut seakan-akan mengerti bahwa ia telah diselamatkan oleh wanita tersebut, karena ketika pergi, ia tak henti-hentinya memalingkan mukanya kepada wanita tersebut seakan-akan hendak berterima kasih.

Ibu anak tersebut tidak menyangka bahwa rusa itu  masi ingat dengan kebaikannya. Rusa itu entah bagaimana mengetahui bahwa pohon besar tersebut akan runtuh menimpa mereka sehingga ia datang kembali untuk menyelamatkan mereka.

Ketika sang ibu teringat kejadian tersebut, ia berkata “Menyelamatkan nyawa makhluk lain adalah sama dengan menyelamatkan diri kita sendiri.”

Itulah cerita inspiratif yyang dapat kita ambil hikmahnya. Selalu lah berusaha untuk membantu yang lain, walaupun mereka bukan manusia. Karena, mereka semua berhak  untuk hidup sama seperti kita. Semoga  artikel ini bermanfaat.