Kisah Hidup Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci, lahir pada tanggal 15 April 1453 di Italia dan merupakan seorang arsitek, musisi, penulis, pematung, hingga pelukis yang hingga kini karyanya masih bisa kita nikmati. Ia dikatakan sebagai seorang manusia genius karena kepiawaian yang dimilikinya. Karya lukis Leonardo Da Vinci yang bisa kita lihat hingga kini adalah Monalisa dan Jamuan Akhir.

Di usianya yang masih belia, Leonardo sudah belajar melukis. Ia mempelajarinya dari Andrea del Verrocchio di Firenze. Ada kabar yang menyebutkan bahkan sang guru pensiun untuk melukis karena melihat hasil lukisan muridnya lebih baik dari pada dirinya.

Di tahun 1481, Leonardo berpindah ke Milan untuk bisa bekerja dengan Adipati atau Duke. Di Milan, ia memiliki sebuah karya yang paling termashur, yaitu Kuda Sforza, ia mengerjakan karyanya tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 11 tahun.

Selain melukis dan mematung, Da Vinci juga membangun kanal, menghibur Duke dengan cara bermain laut serta bernyanyi, dan lainnya. Setelahnya ia bekerja dengan raja Louis XII yang berasal dari Prancis di Milan serta untuk Paus Leo X di Roma.

Ketertarikan Da Vinci pada ilmu pengetahuan juga membuatnya mempelajari burung terbang serta mulai merancang untuk membangun mesin yang dapat terbang. Pemikirannya ini ia tuangkan pada buku catatannya yang mencapai 7000 halaman.

Di dalam buku catatannya itu juga terdapat sketsa mengenai studi tubuh manusia. Padahal pada masanya, anatomi tubuh manusia hanya sekedar mengira-ngira. Itu karena siapa pun dilarang untuk melakukan pembedahan pada jenazah. Karena kenekatannya ini, ia kerap kali membedah tubuh orang mati. Karena tindakannya ini, ia sangat memberikan kontribusi besar untuk dunia kedokteran.

Menurut Da Vinci, lukis dengan ilmu pengetahuan memiliki hubungan. Seperti gambar manusia yang ia gambar dengan percobaan membedah mayat agar paham mengenai anatomi tubuh manusia. Sehingga di dalam lukisannya, ia bisa dengan tepat menangkap gerakan yang ada di otot bagian bawah lapisan kulit. Tentunya ini menghasilkan goresan yang teramat indah, sebuah hal yang sangat jarang bisa ditemui kala itu.

Jika kita mengenal Wright Bersaudara sebagai penerbang pesawat pertama kali, sebenarnya Da Vinci sudah mulai untuk memikirkan mengenai mesin terbang. Di dalam sketsa yang ia miliki, ada gambar rancangan pesawat terbang serta mesin penggerak ke atas. Ini merupakan hasil dari dirinya yang mengamati burung terbang.

Selain itu ia juga meneliti ikan yang berenang melawan arus dan hambatan, akhirnya ini sangat berpengaruh pada kapal yang ada di masa sekarang.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa karya dari Leonardo Da Vinci.

Karya Leonardo Da Vinci

1.Monalisa – 1503

Siapa yang tidak mengenal lukisan Monalisa? Dalam lukisan ini terdapat seorang wanita dengan tudung tipis dan latar belakang suram. Karya satu ini seakan membuat kita semakin mengagumi sosok Da Vinci karena keindahan hasil karyanya.

2. Last Supper – 1495

Last Supper atau biasa kita kenal dengan nama Jamuan Terakhir, salah satu karya Da Vinci yang juga sangat legendaris. Di dalam gambarnya ini, tampak menggambarkan mengenai hubungan dari Yesus dengan para rasulnya.

3. Virtuvian Man – 1940

Seperti yang sudah disebutkan di atas kalau Da Vinci kerap kali mencoba untuk meneliti anatomi tubuh manusia. Nah, gambar ini seakan menggambarkan proposisi manusia.

Itulah beberapa karya dari Da Vinci yang hingga kini dapat kita lihat dan nikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *