Saat ini Taeyang BIG BANG dikatakan sebagai salah satu idol paling sukses. Ia bersama dengan grupnya, BIG BANG, memulai karirnya sejak tahun 2006 lalu di bawah asuhan YG Entertaiment. Namun untuk menapai semua kesuksesan yang kini ia raih, tentunya jalan yang ia tempuh tidaklah mudah.

Jarang yang mengetahui apa yang sudah Taeyang lalui untuk bisa berada pada posisinya saat ini. Pelantun Darling ini bukanlah dari keluarga yang kaya raya, ketika ia masih berusia 13 tahun keluarganya bahkan mengalami dampak dari krisis ekonomi yang melanda Asia, termasuk Korea Selatan.

Saat itu pemerintah Korea Selatan mengalami pailit kerena utang luar negeri. Kala itu mata uang korea mulai jatuh dan para investor mulai menarik sahamnya di Korea. Ini menyebabkan banyak perusahaan bangkrut dan membuat mereka terpaksa harus memecat para karyawan.

Ini yang membuat keluarga Taeyang sulit dan hanya mengandalkan tabungan mereka untuk bisa bertahan hidup. Namun karena terbatasnya jumlah uang tabungan membuat Taeyang terpaksa harus berhenti sekolah.

Meski kala itu ia masih sangat muda, ia nekat untuk meninggalkan keluarganya dan mencari pekerjaan di kota agar bisa membantu perekonomian keluarganya. Saat krisis terjadi, taeyang megaku ia masih berusia 4 SD. Ia juga kurang paham apa yang terjadi, namun pada satu sisi ia sangat membenci kala itu.

Namun, pada sisi lainnya ia dapat menemukan sesuatu yang bisa membantu dirinya dan keluarga untuk keluar dari keadaan tersebut.

Peduli akan masa depan Taeyang, ibunya mengirim Taeyang ke rumah bibi-nya untuk bisa tetap melanjutkan sekolah. Ketika itu keluarga Taeyang benar – benar sudah tidak mampu untuk membiayai sekolah Taeyang. Dengan bantuan dari sang bibi, akhirnya Taeyang dapat melanjutkan sekolah dan bisa masuk ke akademi seni bersama dengan sepupunya.

Saat ia berada di banku 6 SD, ia mendengar kalau YG Entertaiment sedang mengadakan audisi untuk menjadi model cilik di video klip jinusean. Taeyang berhasil lulus audisi dan mendapatkan kesempatan sebagai jinusean kecil dalam video klip A-Yo.

Itulah yang membuat Taeyang mengenal musik hiphop. Itu juga yang membuat Taeyang ingin menjadi seorang penyanyi. Karena hal itu ia menghubungi Yang Hyun Suk, pemilik dari YG Entertaiment dan meminta padanya untuk dijadikan sebagai seorang trainee.

Namun sayang, Yang Hyun Suk sempat mengacuhkan Taeyang dan tidak memberikan anak kecil itu jawaban. Namun, usaha Taeyang tidak berhenti sampai disitu saja, ia pun pergi ke kantor YG Entertaiment yang kala itu masih berada di Hapjeong untuk bisa bertemu langsung dengan Yang Hyun Suk.

Yang Hyun Suk lalu memberikan kesempatan pada Taeyang untuk bisa melakukan audisi di YG entertaiment. Akhirnya Taeyang lulus dan menjadi seorang trainee.

Keputusan Taeyang untuk menjadi penyanyi ini tidak dilarang oleh keluarganya, namun mereka berkata jika suatu saat Taeyang kesulitan, keluarga tidak akan membantu, terutama dalam hal materi.

Perjalanan untuk bisa menjadi penyanyi tidaklah semudah itu, Taeyang harus bisa menjalani kehidupan trainee yang sangat keras. Ia yang saat itu masih kecil merasa sedang mencoba bertahan di persaingan dunia nyata.

Kegiatan menjadi trainee dan pelajar tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan satu hari ia bisa melakukan beragam rutinitas, seperti bersekolah, berlatih, sampai mengerjakan tugas. Ia biasanya tidur setelah jam 3 pagi.

Akhirnya setelah bertahun – tahun menjalani masa trainee, Taeyang bersama dengan G-Dragon, Daesung, TOP, dan Seungri debut di tahun 2006. YG kala itu hanyalah agensi kecil dan BIG BANG dianggap kurang menarik penggemar. Banyak produser acara tv yang menolak BIG BANG karena mereka dianggap kurang menarik.

Namun setelah lagu mereka berjudul Lies menjadi populer di Korea, itu menjadi awal dari kesuksesan BIGBANG. Itulah yang kini membuat nama BIG BANG menjadi salah satu boyband paling disukai oleh dunia.